DINAS PENDIDIKAN SRAGEN SELENGGARAKAN SEMINAR

KaksetoSRAGEN – Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Dinas Pendidikan Sragen bekerjasama dengan Penerbit Erlangga mengadakan seminar, Kamis (2/6). Seminar yang berlangsung di Gedung Kartini Sragen ini diikuti perwakilan guru se-Kabupaten Sragen. Seminar bertajuk “Solusi Cerdas Mendidik dan Mengelola Emosi Anak”. Pembicara dalam seminar ini adalah pakar pendidk anak sekaligus Ketua Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi.

Menurut Kabid Dikdas Disdik Sragen, Sarjono, tujuan kegiatan ini untuk memberikan solusi terbaik dalam mendidik anak. Kedepan diharapkan anak akan tumbuh dengan karakter kuat dan perilaku santun, disiplin dan pandai mengahargai orang lain.

Seto Mulyadi yang lebih dikenal dengan panggilan Kak Seto menguraikan tema “Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Sedini Mungkin”. Ia mengungkapkan pada dasarnya anak sebagai generasi yang unggul tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Mereka memerlukan lingkungan subur yang sengaja diciptakan, yang memungkinkan potensi mereka dapat tumbuh dengan optimal.

Lingkungan penuh kasih sayang, mau menerima anak sebagaimana adanya, menghargai potensi anak baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik merupakan jawaban bagi tumbuhnya generasi unggul di masa akan datang. “Inilah yang perlu kita persiapkan anak-anak guna menyongsong abad ke-21,” kata Kak Seto.

Suasana damai di sekolah dan keluarga, adalah contoh nyata berupa sikap saling menghargai satu sama lain. Ketekunan dan keuletan mengahadapi kesulitan, sikap disiplin dan penuh semangat, tidak mudah putus asa, semua ini memungkinkan anak mengembangkan kemampuan yang berhubungan dengan kecerdasan kognitif, emosional maupun moral.

Sebagaimana dikemukakan para ahli, lanjut Kak Seto, perkembangan kecerdasan dan kreativitas anak pun sangat dipengaruhi oleh berbagai rangsang mental yang kaya sejak usia dini. Disamping guru, orang tua pun memegang peranan penting bagi usaha pengmbangan ketiga potensi tersebut secara optimal. Dalam hal ini tentu dibutuhkan kesungguhan dari para orang tua untuk secara tekun dan rendah hati melakukan hal terbaik bagi anaknya.

Dengan demikian, orang tua berperan untuk menciptakan lingkungan guna merangsang segenap potensi anak agarberkembang secara maksimal. Kak Seto berharap seminar ini mampu memberikan wawasan dari para orang tua untuk usaha-usaha tersebut. (Nova Humas)

Leave a comment